Poin Utama Jalankan Usaha Rumah Makan

Kamis, 11 Oktober 2012

Restaurant Bawah Laut
mymodernmet.com
Tidak dipungkiri, mengelola rumah makan menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Menjanjikan untung dan rugi tentunya :)
Semua pengusaha pasti mengharapkan dapat meraup untung banyak dari hasil usahanya.

Untuk membuka usaha rumah makan tidak hanya harus pintar memasak untuk menghasilkan makanan yang enak dan memuaskan lidah konsumen, akan tetapi juga harus memperhatikan banyak segi. Contohnya dari cara pelayanannya, menyuguhkannya, fasilitas yang akan disuguhkan dan masih banyak lagi.

Dapat dirangkum begini: SERVICE yang MEMUASKAN!!

Karena pembeli adalah raja, dan kita sebagai pelayan yang selalu dituntut untuk mengetahui keinginan raja kita.

Kalau kamu pengen coba membuka usaha kuliner, beberapa saran berikut mungkin dapat membantu.

Ide

Sebelum melangkah lebih jauh, pikirkan dan gambarkan secara jelas suatu ide yang segar tentang bagaimana kamu akan membentuk dan mengisi rumah makan kamu. Kamu bisa mendapatkan ide dari pengalaman kamu selama ini ataupun referensi yang pernah kamu dengar sebelumnya. Tentang tema masakan yang akan kamu sajikan, dekor tempat yang seperti apa, cara penyajiannya dll. Untuk urusan ide ini bersikaplah sekreatif mungkin, kamu bisa gunakan imajinasi liarmu yang selama ini mungkin kamu pendam; kemudian yang paling penting, jangan lupa menuangkan semua ide kamu diatas kertas. Bayangkanlah sejelas-jelasnya dan kalau mampu hingga detail-detail yang mungkin dianggap remeh sekalipun. Ini langkah awal yang vital, karena telah terbukti "Apa yang kamu pikirkan dan bayangkan, acap kali menjadi kenyataan"
 
Mutu

Untuk hal yang satu ini harus selalu kamu perhatikan.

Mutu masakan: Jangan pernah menyajikan sesuatu kepada konsumen yang kamu sendiri tidak mau menerimanya. Kenapa begitu? Tentu saja karena kamu pun takkan mau menerima sesuatu yang tidak layak buat dirimu sendiri :)

Mutu pelayanan: Anggaplah bahwa saudara kamu yang sedang berkunjung dan berusahalah selalu Positive Thinking. Pikiran yang positif itu menular, diharapkan disini mood yang tercipta dapat mempengaruhi konsumen dan konsumen dapat merasakan nyaman berada di tempat kamu. Maka mulai sekarang berhati-hatilah terhadap pikiran negatif, karena manusia itu cenderung lebih mudah untuk tertarik ke sisi negatif.

Mutu kebersihan: Siapa coba yang betah makan di tempat kotor. Kebersihan tempat, menjadi cermin dari makanan yang akan mereka santap. Kalau tempatnya saja kotor, siapa yang bisa menjamin kalau makanannya tidak ikut-ikutan kotor? Tips: Kalau memungkinkan. sediakanlah AC atau air purifier yang dapat menyegarkan ruangan. Kesan bersih dapat tercipta dari udara yang segar.

Kemudahan
Semua orang ingin segalanya mudah bagi mereka. Sering terjadi, ketidak puasan konsumen hanya dikarenakan mereka tidak bisa mendapatkan kemudahan yang mungkin bagi kita adalah hal yang sepele akan tetapi berakibat fatal dikemudian hari. Misalkan masalah tempat parkir, tisu kosong, air kran mati, sisa makanan di meja, pipet/ sedotan habis, dll. Disini, kita dituntut untuk selalu siap dan tanggap akan kebutuhan serta kenyamanan calon pelanggan kita.

Skill/ Ketrampilan
Dengan ditunjang skill yang mumpuni, akan semakin lengkap modal utama yang harus kamu prioritaskan terlebih dahulu. Skill yang baik serta penerapan yang benar akan semakin menunjukkan profesionalisme kita dalam mengelola rumah makan nanti. Cepatnya pelayanan terhadap konsumen, menjadi nilai plus tersendiri buat kamu.
Rata-rata, kosumen rumah makan (urusan perut) jauhh dari kata sabar :)

Beberapa poin di atas, hanya sebagian kecil yang perlu kamu persiapkan sebelum memulai usaha kuliner. Kamu bisa googling buat mencari referensi tambahan yang lebih komplit. Cuma satu yang sebetulnya menjadi poin utama untuk menjalankan usaha; semua jenis usaha, yaitu service yang dapat memuaskan keinginan konsumen kita. Walaupun ada juga sih, yang demi kepuasan pribadi.














0 komentar:

Posting Komentar