Tips Sukses | Memasarkan Produk

Minggu, 14 Oktober 2012

Banyak cara dapat dilakukan untuk memasarkan produk. Ada yang secara direct selling atau penjualan secara langsung maupun yang lagi marak belakangan ini, yakni secara online.
Ada baiknya, demi lancarnya usaha kamu memasarkan produk, kamu bisa menggabungkan semua jenis penjualan. Karena, semuanya memiliki peluang yang baik.

Direct Selling | Penjualan secara langsung
Secara alami sejak kita lahir, diri kita sebetulnya sudah menjadi seorang sales. Ingat bagaimana seorang bayi menggunakan tangisnya untuk mendapatkan susu ibunya? Semua itu sudah merupakan bawaan yang kita miliki. Menjadi seorang sales.

Bagaimana cara kita membuat calon pembeli kita mengatakan, "ya, saya mau beli". Berikut tips dasar yang mungkin bermanfaat.
  • Efek Mirror / Pencerminan
    Orang cenderung menyukai lawan bicaranya yang mirip dengan dirinya sendiri. Usahakan berbicara dengan menyamakan gaya berbicara lawan ataupun aksen yang mirip dengannya.
  • Body Language / Bahasa Tubuh
    Menarik perhatian adalah tujuan dari sikap ini. Orang yang berbicara dengan memadukan gerakan tangan, tubuh, membuat setiap perkataan yang keluar dari dirinya menjadi lebih hidup. Sering-seringlah berlatih di depan cermin, mempresentasikan produk kamu sembari menggunakan body language.
  • Latar Belakang
    Berusahalah mengetahui latar belakang dari calon pelanggan kamu, informasi bisa didapat selama pembicaraan berlangsung. Usahakan jangan sampai calon pelanggan kamu merasa diinterogasi. Gunakanlah pertanyaan secara wajar dan alami. Ini berguna untuk mengetahui kapabilitas calon pembeli.
  • Minat dan Kebutuhan
    Melalui pembukaan yang telah dilakukan, tentu saja yang paling utama harus kamu ketahui adalah minat dan kebutuhan dari calon pembeli. Orang minat. belum tentu membeli. Akan tetapi, jika orang itu butuh pasti akan membeli. Minat dapat dikatakan akan ada pembelian dalam jangka waktu yang panjang. Pertama yang harus kamu lakukan adalah membangkitkan minat kemudian mengubahnya menjadi kebutuhan. Kemudian presentasikan fitur dan manfaat dari produk kamu.
  • Tehnik Closing
    Jangan terlalu memaksakan atau terburu-buru untuk menyimpulkan pada calon pembeli untuk membeli produk yang kamu tawarkan jika gairah mereka untuk membeli belum terlihat jelas. Gunakan teknik tarik-ulur untuk menjajaki minat beli mereka. Gunakan sesering mungkin pada akhir kalimat kamu kata "ya", sehingga tanpa sadar calon pembeli pun akan meng-iyakan kata-kata kamu.

Online Selling
Penjualan melalui sistem ini lebih menguntungkan pada media informasinya ketimbang direct selling. Kelemahan dari penjualan sistem online terletak pada kurangnya kepercayaan dari konsumen tentang validitas online shop yang saat ini semakin menjamur. Walaupun begitu, perlu digaris bawahi bahwa banyak juga online shop yang telah mempunyai kredibilitas yang tinggi dan meraih banyak kepercayaan dari konsumennya. Sebut saja seperti tokobagus.com, berniaga.com, lazada.co.id, sepatu-online.com dan masih banyak lagi. Untuk membangun pemasaran online, kamu bisa mulai dari membangun website ataupun memasang iklan secara gratis. Buat kamu yang masih baru dalam membangun sebuah website, bisa memilih menggunakan jasa pasang iklan gratis ataupun yang berbayar seperti beriklan di adwords.com milik google dan facebook.com.
Media sosial online juga merupakan media yang ampuh untuk memasarkan produk, seperti twitter.com. Tapi, seperti yang telah disebutkan, membangun kepercayaan untuk calon konsumen adalah yang paling utama. Cobalah untuk browsing ke online shop dan mencari referensi tentang model mereka membangun pemasaran produk.

Masih banyak yang dapat dibahas tentang Tips Sukses | Memasarkan Produk, postingan berikut akan bercerita tentang Bagaimana Melakukan Promosi Yang Baik.
Kalau ada yang ingin kamu bagi atau ditanyakan, silahkan isi kolom komentar di bawah.
Thx, cheers and share :)




0 komentar:

Posting Komentar