Tips Sukses | Pengetahuan Produk

Sabtu, 13 Oktober 2012

Pengetahuan tentang produk yang kita pasarkan, menjadi salah satu poin penting dalam kesuksesan memasarkan produk yang kita tawarkan ke calon konsumen. Bagaimana tidak? sungguh hal yang bodoh menjual sesuatu tanpa kita tahu produk apa yang kita jual :)

Sebagai seorang penjual suatu produk, product knowledge bisa menjadi keunggulan kita dalam memasarkan dan bisa juga menjadi liang kubur bagi kita.

Apa saja yang perlu diketahui dari sebuah produk? Mari kita kupas lebih lanjut

Fitur Produk
Fitur sebuah produk terdiri dari bentuk/ rupa produk itu sendiri. Ambillah kertas dan mulailah menulis bagaimana bentuk atau rupa produk yang akan kamu jual. Buatlah daftar pertanyaan yang akan kamu jawab sendiri, contohnya seperti dibawah ini.
  • Bagaimana bentuknya?
  • Terbuat dari apa atau apakah komposisinya?
  • Apa kelebihan fitur produk kamu dibandingkan dengan merk yang lain?
  • Bagaimana dengan ketahanannya?
  • Adakah kemudahan pada spare part
Cobalah membuat pertanyaan lain yang relevan tentang fitur dari produk kamu. Dengan pertanyaan-pertanyaan yang telah kamu ketahui jawabannya, otomatis dengan sendirinya kamu telah siap jika suatu waktu konsumen kamu menanyakannya.
Keuntungannya lagi, dengan gamblang kamu akan mampu menjabarkan semua hal secara detail ketika kamu menawarkan produk kamu.

Manfaat Produk
Manfaat apa yang konsumen dapat jika membeli produk kamu? Apa itu tentang kesehatan, lingkungan hidup, kenyamanan, kemudahan yang didapat atau apapun juga. Kesemua manfaat harus jelas sebelum kamu menargetkan sasaran konsumen, segmen mana yang nanti akan kamu bidik.
Dengan jelasnya manfaat produk yang kamu tawarkan, kamu akan semakin mudah untuk menjelaskan ke konsumen apa yang akan mereka dapat ketika menggunakan produk kamu.

Untuk Tips Sukses Memasarkan Produk, akan kita bahas besok. Semoga sharing post ini bermanfaat. :)





0 komentar:

Posting Komentar